Saturday 7 January 2017

CARA AKTIFKAN DAN NON AKTIFKAN AKSESIBILITAS TALKBACK PADA ANDROID


CARA AKTIFKAN AKSESIBILITAS TALKBACK PADA ANDROID - Fitur android ini memang lengkap, termasuk untuk pengguna yang tuna netra atau kelainan pada  penglihatanya sehingga hanya bisa meraba dan mendengar, jadi bagi ada keluarga atau saudara kita yang tuna netra dan ingin mempunyai android tidak usah khawatir aktifkan saja fitur Aksesibilitas Talkback ini. 

Sebenarnya awalnya ini pasti sangat bingung kenapa android ini tidak bisa di tap dan geser seperti biasanya, kemudian ada suara logat bahasa inggris membacakan apa saja tulisan yang ada di layar android termasuk kata sandi email saya.  

Kemudian Saya lihat icon atau gambar tangan ada di pojok kiri atas android dan ada juga pada android yang tidak ada lambang tanggnya saat TalckBacknya aktif.

Karena smartphone android ini format bahasanya adalah bahasa inggris, jadi ini merupakan salah satu kekuranganya jika dipakai orang indonesia dan androidnya di setting bahasa indonesia, karena ejaan yang di pakai adalah bahasa inggris akan terdengar rancu dan kurang pas gitu...

Ok Sob semua silakan ambil android anda dan ikuti tutorial di bawah ini, karena format bahasa android saya indonesia, maka saya pakai istilah dalam bahasa indonesia untuk anda yang masih format bahasa inggris pada intinya sama tinggal ikuti langkah langkah di bawah ini saja lau tidak ngerti bahasa inggris tinggal lihat gambarnya saja... 

  • Silakan anda cari pengaturanya biasanya bergambar roda gigi pada pojok kanan atas silakan sentuh dan geser ke bawah, anda cari simbol bergambar tangan 

pigaturan-aksesibilitas

  • Setelah ketemu simbul tangan bertuliskan Aksesibilitas silakan sentuh dan kemudian geser ke bawah cari tulisan Talkback lihat gambar di bawah..
pengaturan%2Baksesibilita-talkback    pengaturan%2Baksesibilita-talkback1 
 pengaturan%2Baksesibilita-talkback3 
  • Kemudian anda sentuh Talkback (1) untuk mengaktifkanya, ketika anda sentuh akan muncul tulisan "Saat talkback aktif, perangkat Anda menyediakan masukan lisan....dst" kasih tanda centang (ceklist) pada tulisan Pemintas Aksesibilitas (2) agar tampil menu utamanya ketika tombol power di sentuh tujuanya agar mudah mengakses pengaturanya (lihat gambar di bawah yang kanan) itu pemintasanya terlihat ketika tombol power disentuh.
pengaturan%2Baksesibilita-talkback2pengaturan%2Baksesibilita-talkback-4 
  • Setelah anda yakin ingin mengaktifkanya sentuh OK, seketika itu juga akan terdengar suara yang membacakan tulisan yang ada di layar android anda. Kalau sudah aktif icon atau simbul tangan akan terlihat di pojok kiri atas pada android anda, seperti gambar di bawah ini..
pengaturan%2Baksesibilita-talkback-5 
Untuk menjalankan android anda sekarang sudah beda lagi, tidak bisa pakai 1 jari harus mamakai 2 jari dan tidak bisa 1 kali sentuh harus 2 x sentuh sebagaimana orang yang meraba raba seperti orang yang tidak bisa melihat, dan Untuk menonaktifkan gampang ikuti saja cara  ini :
  • Sentuh saja tombol power dan akan terlihat icon tangan 
  • Kemudian sentuh saja 2 x 
  • Kalau sudah terbuka cari saja tulisan Aksesibilitas dan Talkback 
  • Lihat tutorial di atas pada nomer 3
Pada dasarnya semua HP Smarphone Android baik Samsung, Lenovo, Oppo, dll cara untuk mematikan dan non aktifkan Talkback sama aja tinggal cari di menu Aksesibilitas.
Demikian Semoga Membantu semoga bermanfaat, jangan lupa buat singgah lagi,,


0 komentar: