Beberapa orang, kenalan dan pembaca, pernah mengeluhkan masalah
iDevicenya gagal mendownload aplikasi dari App Store. Terkadang gagal
melakukan update, terkadang gagal menginstall aplikasi yang dibarengi
dengan pesan seperti ini:
Unable to Purchase
(nama aplikasi) could not be purchased at this time. Please try again later.
(nama aplikasi) could not be purchased at this time. Please try again later.
Setelah mempelajari masalah ini, satu kesamaan antara satu keluhan
dan yang lain yang saya temukan adalah masalah-masalah ini muncul ketika
iDevicenya baru diupdate/upgrade ke iOS versi terbaru (biasanya via
OTA).
Satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah terjadinya
miskonfigurasi pada iDevice Anda setelah proses update iOS sehingga App
Store tidak bisa melayani permintaan Anda. Penyebab lainnya adalah
adanya sebuah atau beberapa aplikasi yang proses downloadnya tertunda
(pending) yang mungkin saja terjadi karena terhenti secara tiba-tiba
karena masalah jaringan atau karena dihentikan/jeda oleh Anda sendiri.
Sayangnya masalah ini terbilang cukup umum terjadi, dan sejauh ini
belum ada cara khusus yang dijamin bisa bekerja 100%, selain daripada
mengikuti beberapa trik/workaround, atau mendownload aplikasi via iTunes dan melakukan sinkronisasi belakangan.
Walaupun saya tidak bisa menjamin ini bisa bekerja sempurna dan
menyelesaikan masalah Anda, tapi berikut ini adalah beberapa trik yang
bisa Anda coba…
Perhatian!
Dimohon untuk membaca trik/panduan yang sudah ada dengan teliti dan perlahan-lahan. Baca dulu sampai selesai, kemudian praktekkan. Tolong untuk tidak bertanya sebelum membaca, karena saya tidak akan membalas komentar/pertanyaan yang jawabannya sudah ada ditulis di sini.
- Reboot iDevice Anda. Mungkin hanya butuh sekali, mungkin juga perlu dua sampai tiga kali. Keep trying.
- Pastikan Anda terhubung ke jaringan seluler/wi-fi yang cukup stabil untuk mendownload sebuah aplikasi. Anda mungkin saja perlu berpindah-pindah antara kedua jenis koneksi ini untuk menentukan mana yang paling stabil.
- Kalau merasa koneksi wi-fi di tempat Anda bermasalah atau jaringan dari operator seluler Anda tidak bisa diandalkan, cobalah untuk menggunakan jaringan wi-fi lain atau kartu SIM lainnya.
- Nonaktifkan fitur Restrictions (Pembatasan). Buka Settings > General, lalu nonaktifkan Restrictions. Kalau memang fitur ini dibutuhkan, pastikan Anda mengijinkan (Allow) “Installing Apps” agar Anda tetap bisa menginstall aplikasi dari App Store.
- Nonaktifkan fitur Automatic App Updates (update aplikasi secara otomatis). Buka Settings > iTunes & App Store, dan nonaktifkan “Apps” dan “Updates” dari daftar. Fungsinya adalah untuk mencegah aplikasi dan pembaruannya terdownload secara otomatis atau tanpa Anda sadari. Berguna jika Anda tidak selalu berada pada daerah dengan koneksi internet stabil/kencang.
- Sign out dari App Store. Buka Settings > Store, kemudian tap pada Apple ID Anda dan pilih sign out. Setelah sign out, reboot iDevice dan sign in kembali dengan Apple ID Anda dan cobalah untuk mendownload sebuah aplikasi. Ingat ya, sewaktu memasukkan password/sign ini, jangan sampai salah.
- Kalau masih gagal, cobalah untuk Reset Network Settings, bisa diakses dari Settings > General > Reset. Tapi ingat, mereset jaringan akan menghapus semua konfigurasi jaringan yang sudah ada sebelumnya pada iDevice Anda, termasuk password wi-fi dan APN.
- Kalau masih belum berhasil juga, cobalah untuk merestore ulang iDevice Anda dari iTunes. Setelah proses restore selesai, mungkin Anda perlu mengatur iDevice Anda sebagai perangkat baru (set as new) agar semua konfigurasi di dalamnya masih bawaan atau standar. Kemudian cobalah untuk mendownload sebuah aplikasi dari App Store. Kalau sukses, lanjutkan dengan melakukan proses restore from backup untuk mengembalikan data-data yang sudah Anda backup sebelumnya.
Tombol Get/Update tidak merespon
Kalau Anda mengalami masalah seperti ini, cobalah untuk mengikuti beberapa langkah penyelesaian sementara berikut ini:
- Buka App Store, dan buka tab Updates untuk menampilkan daftar aplikasi yang butuh diupdate.
- Kalau nama aplikasi yang ingin Anda update sudah muncul, tap ikon aplikasinya untuk memunculkan pop-up deskripsi aplikasi tersebut,
- Kalau tidak muncul, coba temukan aplikasi yang ingin diupdate melalui hasil pencarian di tab Search. Setelah dicari namanya dan muncul, tap ikon aplikasinya.
- Begitu pop-up nya sudah muncul, Anda bisa men-tap tombol UPDATE yang ada. Kemudian akan muncul lingkaran progres kecil (tanda lagi loading) yang artinya proses update sedang berjalan.
- Anda mungkin perlu memasukkan password sebelum proses update dilanjutkan.
- Tunggu updatenya selesai.
Tambahan:
Terkadang, mematikan fitur Automatic Downloads pada iOS 8 juga bisa membantu. Caranya adalah:
- Buka Settings > iTunes & App Store,
- Pada bagian Automatic Downloads ada pilihan Apps dan Updates, matikan keduanya.
- Sign out dari App Store, kemudian reboot iDevice, dan sign in kembali.
- Buka App Store dan periksa apakah sudah normal kembali (bisa install dan update aplikasi).
Setelah proses update berjalan seperti biasanya, cek tab Updates dan
perhatikan nama aplikasi yang baru saja Anda update. Sayangnya, meskipun
proses update berjalan lancar, nama aplikasi yang sudah diperbarui tadi
tampak seperti belum diupdate, masih muncul pada tab Updates, tetapi
sebenarnya sudah diupdate.
Alternatif 1:
Kalau cara di atas belum bisa dan tombol Get/Update masih saja tidak
merespon, cobalah untuk merestart iDevice dengan cara tekan dan tahan
tombol home dan power secara bersamaan sampai iDevice restart.
Alternatif 2:
- Sign out dari App Store.
- Buka Settings > iTunes & App Store > Password Settings, dan pilih “Always Require” dan aktifkan pilihan “Require Password” pada menu Free Downloads.
- Buka Settings > iCloud, lalu tap nama akun Anda dan ubah password Anda. Setelah mengubahnya, Sign in pada akun iCloud Anda (hanya pada akun iCloud saja).
- Kembali ke App Store, dan jangan dulu Sign ini kalau diminta.
- Buka tab Update atau buka aplikasi yang tidak bisa didownload sebelumnya, lalu tap pada “Update All” atau “Get” pada aplikasi.
- Anda akan diminta untuk memasukkan password, masukkan pasword Anda (untuk App Store) dan aplikasi akan mulai mendownload.
Muncul pesan “You’ve already purchased this, so it will be downloaded now at no additional charge.”
Kalau Anda menemukan masalah seperti itu, kemungkinan besar hal itu dikarenakan adanya perubahan pada terms and conditions
App Store. Ini menyebabkan pengguna tidak dapat menginstall aplikasi
apapun sebelum menerima (accept) perubahan tersebut. Namun sayangnya
persetujuan yang seharusnya muncul itu tidak ada ketika pengguna
menginstall aplikasi yang sudah pernah diinstall sebelumnya. Solusinya
adalah dengan menginstall sebuah aplikasi baru, aplikasi yang belum
pernah Anda install sebelumnya dari Apple ID Anda saat ini. Setelah
berhasil menginstall yang baru, tunggu sampai terms and conditions-nya
muncul dan terima/setujui. Setelah itu cobalah untuk menginstall
aplikasi yang sebelumnya ingin Anda install.
Aplikasi lama diinstall atau muncul “waiting…”
Trik tambahan untuk mengatasi aplikasi yang “waiting…” dan lama
diproses, adalah dengan menghapus sebuah atau beberapa file aplikasi
yang gagal didownload dan menumpuk pada sebuah direktori iOS.
Berikut cara yang bisa Anda coba:
- Download dan install aplikasi file manager ke komputer Anda yang bisa digunakan untuk membaca file system iOS. Bisa iExplorer, iTools, i-Funbox, dll terserah Anda.
- Setelah Anda menginstall salah satunya, jalankan program tersebut.
- Hubungkan iDevice Anda ke komputer, dan tunggu sampai iDevice Anda telah terdeteksi dengan baik, dan muncul pada jendela program tersebut.
- Kalau iDevice Anda sudah terbaca dengan baik, telusuri direktori Downloads (lokasinya di
/var/mobile/Media/Downloads
). - Kalau tebakan saya benar (terjadi penumpukan), maka Anda akan melihat ada beberapa folder dengan nama berupa angka-angka acak yang berisi file-file dari aplikasi yang ingin Anda download dari App Store.
- Scroll sampai ke bawah, dan Anda akan menemukan file sqlitedb, misalnya saja downloads.10.sqlitedb. Anda tidak perlu menghapus file ini tetapi cukup ubah namanya saja, misalnya menjadi downloads.10.sqlitedb_old.
- Setelah mengubah namanya, tutup programnya, cabut iDevice Anda dari komputer dan reboot iDevice Anda.
Dengan mengikuti cara-cara di atas semoga masalah Anda bisa selesai, dan iDevice Anda normal kembali
0 komentar:
Post a Comment